Peralatan kantor
merupakan berbagai barang yang dapat digunakan dalam jangka waktu lama dan
diletakan dalam area khusus untuk menunjang jalannya perusahaan
Berikut adalah
beberapa peralatan kantor yang umum
digunakan :
1. Meja Kantor
Meja kantor
merupakan salah satu alat kantor yang didesain secara khusus untuk peralatan
kantor. Bentuk meja yang didesain untuk kebutuhan kantor ini biasanya
dilengkapi dengan beberapa laci yang bisa digunakan untuk menyimpan berbagai
macam arsip, alat tulis, atau perlengkapan penting lainnya.
Bagi banyak
perusahaan, peralatan kantor selain meja yang difungsikan untuk kantor juga
terdapat meja tamu yang digunakan untuk menemui para klien maupun nasabah. Meja
ini seringkali diletakan di ruang lobi kantor maupun ruang khusus untuk
penerima tamu.
2. Kursi Kantor
Kursi kantor
merupakan salah satu peralatan kantor yang memiliki berbagai desain, bentuk serta
ukuran beragam. Kursi kantor ini biasanya dirancang khusus untuk perkantoran,
dibuat sedemikian rupa sehingga mampu memberi kenyamanan bagi penggunanya.
3. Lemari Arsip
Lemari arsip
merupakan peralatan kantor yang berfungsi untuk menyimpan berbagai arsip kantor
seperti surat penting, surat masuk dan keluar, nota kwitansi dan berbagai
dokumen lainnya.
4. Rak Arsip
Rak arsip
merupakan peralatan kantor yang pada dasarnya memiliki fungsi yang sama dengan
lemari arsip, perbedaannya jika lemari arsip memiliki pintu. Rak arsip bisa
digunakan untuk menyimpan arsip yang disusun secara menyamping.
5. Box File
Box file atau
juga sering disebut kotak arsip adalah peralatan kantor yang berupa kotak yang
terbuat dari bahan pelastik, multiplex, kardus ataupun alumunium yang digunakan
untuk menyimpan arsip. Kotak arsip biasanya memiliki warna yang beragam, hal
ini untuk mempermudah pencarian setiap arsip didalamnya. Fungsi dari kotak
arsip adalah untuk menjaga kerapihan meja kerja agar dokumen-dokumen penting
tidak berantakan.
6. Komputer
Komputer merupakan
salah satu peralatan kantor yang saat ini dibilang penting untuk dimiliki,
selain digunakan untuk pengetikan, mengolah data, pengarsipan, dan membuat
design. Komputer juga bisa digunakan untuk sarana promosi.
7. Printer
Printer merupakan
peralatan kantor yang dapat digunakan untuk mencetak berbagai dokumen atau
beberapa hasil pekerjaan yang dibuat dengan menggunakan komputer.
8. Scanner
Scanner merupakan
sebuah peralatan kantor yang digunakan untuk merubah dokumen fisik ke dalam
data komputer. Adapun dokumen fisik ini bisa berupa gambar, foto ataupun bentuk
teks di atas kertas. Secara umum scanner ini bisa berguna untuk sarana
pengarsipan dalam bentuk digital.
9. Kamera
Kamera merupakan
salah satu peralatan kantor yang bisa digunakan sebagai sarana dokumentasi. Kamera
ini bisa berupa kamera foto maupun video yang bisa dimanfaatkan untuk merekam
berbagai kegiatan perusahaan maupun pekerjaan untuk kepentingan laporan dan
juga dokumen.
10. LCD Proyektor
LCD Proyektor
merupakan suatu peralatan kantor yang bisa digunakan untuk presentasi
perusahaan. Input gambar ataupun teks di LCD Proyektor bisa diperoleh dari
komputer, laptop, VCD/DVD player maupun televisi.
11. Jaringan Telepon
dan Internet
Di era kemajuan
teknologi dan informasi saat ini penggunaan telepon dan internet sangat
dibutuhkan bagi perusahaan. Selain dapat digunakan sebagai media promosi
melalui website maupun media sosial, salah satiu peralatan kantor ini juga
dapat dijadikan sebagai media berinteraksi dengan perusahaan lain ataupun
dengan karyawan di internal perusahaan sendiri. Dengan jaringan internet ini
para karyawan dalam perusahaan dapat
terhubung secara online sehingga pemindahan data-data perusahaan apabila
diperlukan dapat berlangsung dengan cepat.
12. Mesin Fotocopy
Mesin Fotocopy
adalah peralatan kantor berupa mesin yang berfungsi untuk menduplikasikan
sebuah dokumen dan gambar visual dengan sangat cepat, mudah, dan juga murah. Bagi
perusahaan besar, mesin fotocopy sangat penting untuk menduplikat berbagai
dokumen
Tidak ada komentar:
Posting Komentar