Jumat, 08 Januari 2016

Macam - Macam Peralatan Kantor



Peralatan kantor merupakan berbagai barang yang dapat digunakan dalam jangka waktu lama dan diletakan dalam area khusus untuk menunjang jalannya perusahaan

Berikut adalah beberapa peralatan kantor  yang umum digunakan : 

1. Meja Kantor






Meja kantor merupakan salah satu alat kantor yang didesain secara khusus untuk peralatan kantor. Bentuk meja yang didesain untuk kebutuhan kantor ini biasanya dilengkapi dengan beberapa laci yang bisa digunakan untuk menyimpan berbagai macam arsip, alat tulis, atau perlengkapan penting lainnya.




Bagi banyak perusahaan, peralatan kantor selain meja yang difungsikan untuk kantor juga terdapat meja tamu yang digunakan untuk menemui para klien maupun nasabah. Meja ini seringkali diletakan di ruang lobi kantor maupun ruang khusus untuk penerima tamu.


2. Kursi Kantor




Kursi kantor merupakan salah satu peralatan kantor yang memiliki berbagai desain, bentuk serta ukuran beragam. Kursi kantor ini biasanya dirancang khusus untuk perkantoran, dibuat sedemikian rupa sehingga mampu memberi kenyamanan bagi penggunanya. 


3. Lemari Arsip



Lemari arsip merupakan peralatan kantor yang berfungsi untuk menyimpan berbagai arsip kantor seperti surat penting, surat masuk dan keluar, nota kwitansi dan berbagai dokumen lainnya.


4. Rak Arsip




Rak arsip merupakan peralatan kantor yang pada dasarnya memiliki fungsi yang sama dengan lemari arsip, perbedaannya jika lemari arsip memiliki pintu. Rak arsip bisa digunakan untuk menyimpan arsip yang disusun secara menyamping.


5. Box File




Box file atau juga sering disebut kotak arsip adalah peralatan kantor yang berupa kotak yang terbuat dari bahan pelastik, multiplex, kardus ataupun alumunium yang digunakan untuk menyimpan arsip. Kotak arsip biasanya memiliki warna yang beragam, hal ini untuk mempermudah pencarian setiap arsip didalamnya. Fungsi dari kotak arsip adalah untuk menjaga kerapihan meja kerja agar dokumen-dokumen penting tidak berantakan.



6. Komputer




Komputer merupakan salah satu peralatan kantor yang saat ini dibilang penting untuk dimiliki, selain digunakan untuk pengetikan, mengolah data, pengarsipan, dan membuat design. Komputer juga bisa digunakan untuk sarana promosi.



7. Printer




Printer merupakan peralatan kantor yang dapat digunakan untuk mencetak berbagai dokumen atau beberapa hasil pekerjaan yang dibuat dengan menggunakan komputer. 



8. Scanner




Scanner merupakan sebuah peralatan kantor yang digunakan untuk merubah dokumen fisik ke dalam data komputer. Adapun dokumen fisik ini bisa berupa gambar, foto ataupun bentuk teks di atas kertas. Secara umum scanner ini bisa berguna untuk sarana pengarsipan dalam bentuk digital. 



9. Kamera





Kamera merupakan salah satu peralatan kantor yang bisa digunakan sebagai sarana dokumentasi. Kamera ini bisa berupa kamera foto maupun video yang bisa dimanfaatkan untuk merekam berbagai kegiatan perusahaan maupun pekerjaan untuk kepentingan laporan dan juga dokumen.



10. LCD Proyektor





LCD Proyektor merupakan suatu peralatan kantor yang bisa digunakan untuk presentasi perusahaan. Input gambar ataupun teks di LCD Proyektor bisa diperoleh dari komputer, laptop, VCD/DVD player maupun televisi.



11. Jaringan Telepon dan Internet




Di era kemajuan teknologi dan informasi saat ini penggunaan telepon dan internet sangat dibutuhkan bagi perusahaan. Selain dapat digunakan sebagai media promosi melalui website maupun media sosial, salah satiu peralatan kantor ini juga dapat dijadikan sebagai media berinteraksi dengan perusahaan lain ataupun dengan karyawan di internal perusahaan sendiri. Dengan jaringan internet ini para karyawan dalam perusahaan  dapat terhubung secara online sehingga pemindahan data-data perusahaan apabila diperlukan dapat berlangsung dengan cepat.



12. Mesin Fotocopy





Mesin Fotocopy adalah peralatan kantor berupa mesin yang berfungsi untuk menduplikasikan sebuah dokumen dan gambar visual dengan sangat cepat, mudah, dan juga murah. Bagi perusahaan besar, mesin fotocopy sangat penting untuk menduplikat berbagai dokumen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar