Jumat, 08 Januari 2016

Macam - Macam Perlengkapan Kantor



Perlengkapan kantor merupakan segala sesuatu yang dibutuhkan untuk melengkapi berbagai peralatan yang ada di dalam kantor perusahaan. Perlengkapan kantor biasanya berupa barang – barang kecil, sering digunakan, dan biasanya cepat habis, serta harganya tidak terlalu mahal.

Berikut beberapa perlengkapan kantor yang sering digunakan dalam perusahaan :



1. Kertas





Kertas merupakan salah satu perlengkapan yang dibutuhkan untuk menulis, mencetak maupun menggambar. Kertas yang umum digunakan untuk perlengkapan kantor ini biasanya jenis HVS ukuran A4 dan F4/folio dengan ketebalan mulai dari 700- 100 gram


2. Pensil dan Penghapus







Pensil merupakan salah satu perlengkapan kantor yang dapat digunakan sebagai sarana menulis maupun menggambar untuk mengungkapkan beberapa ide atau pun gagasan diatas kertas. Pensil sering dipakai dalam perancangan yang sifatnya masih sementara. Ada banyak jenis dan ukuran pensil yang sering dipakai adalah yang berukuran HB dan 2B, perbedaan ukuran ini terletak pada pekat- tidaknya goresan yang dihasilkan. 



3. Pulpen 

pulpen ballpaint

Pulpen Fountain
                                              

Pulpen Gel

Pulpen Rollerball

Pulpen Hi- Tecpoint


Pulpen adalah peralatan yang sering digunakan untuk menulis diatas kertas sama seperti pensil. Ada bebrapa jenis dari pulpen seperti pulpen fountain, pulpen ballpoint, pulpen gel, pulpen rollerball dan pulpen Hi- Tecpoint.



4. Tipe – X



Tipe – X merupakan sebuah alat yang digunakan untuk menghapus tulisan diatas kertas yang ditulis dengan pulpen ataupun hasil print-out. Tipe – X berbentuk cairan putih yang biasanya dikemas dalam botol kecil dengan ujung botol meruncing. 



5. Penjepit kertas




Penjepit kertas atau sering disebut paper –clip adalah perlengkapan kantor yang berguna untuk menyatukan lembaran kertas untuk jangka waktu sementara.



6. Tinta Printer




Ada banyak jenis tinta printer yang bisa digunakan untuk mencetak berbagai keperluan kantor. Secara umum tinta printer memiliki 4 warna primer sesuai standar cetak, yakni Cyan, Magenta, Yelow dan Key/Black (CMYK).



7. Flashdisc, Memory-card dan Eksternal Hardisc


Flashdisk

Memory-Card

Eksternal Hardisk

Alat – alat ini berfungsi untuk penyimpanan data-data digital selain di komputer. Selain untuk media penyimpanan juga berfungsi untuk memindahkan data-data digital dari komputer satu dengan komputer lainnya. 



8. Kop Surat




Bagi perusahaan yang ingin usahanya berkembang dan terus maju, kop surat menjadi salah satu perlengkapan kantor yang harus disediakan guna memenuhi kebutuhan korespondensi kantor. Kop surat selain bisa sebagai alat untuk menunjukan identitas perusahaan, perlengkapan ini juga efektif digunakan sebagai media promosi melalui surat.



9. Amplop 




Amplop menjadi salah satu perlengkapan kantor yang berguna untuk membungkus surat.



10. Stop Map





Stomap merupakan salah satu perlengkapan kantor yang digunakan utuk menyimpan kertas atau pun dokumen agar tidak terlipat. Stopmap juga sering disebut dengan Map atau folder juga bisa digunakan untuk mengklasifikasikan setiap dokumen berdasarkan kategori yang berbeda. Setopmap biasanya terbuat dari plastik atau kertas tebal yang juga bisa digunakan untuk cover sebuah dokumen.



11. Stempel



Merupakan perlengkapan kantor yang digunakan sebagai alat pengesahan pada berbagai transaksi dan korespondensi perusahaan. Stempel ini mempunyai peranan penting yaitu untuk menunjukan atau mewakili identitas perusahaan, sebagai alat penguat keputusan pimpinan perusahaan dan juga sebagai bentuk pertanggungjawaban.



12. Stapler




Stapler adalah alat untuk menyatukan sejumlah kertas dengan cara memasukan isi stapler. Stapler memililki banyak ukuran dan cara penggunaannya.



13. Gunting 




Alat ini bisa digunakan untuk memotong bahan yang tipis seperti kertas,plastik tipis, tali, kain atau yang lainnya.



14. Perforator




Alat yang digunakan untuk melubangi suatu kertas atau dokumen, biasanya alat ini digunakan untuk melubangi  suatu dokumen sebelum dokumen tersebut diarsipkan atau dismpan.



15. Perekat


Lem Cair


Solatip


Perekat merupakan alat  yang digunakan untuk perekat kertas, bisa berupa lem atau solatip.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar